Sunday, August 3, 2014

Review dan Spesifikasi Daihatsu Ayla

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla

Sejak diluncurkan pada tahun 2013, Daihatsu Ayla mendapatkan respon positif dari masyarakat. Mobil yang dilempar ke pasaran di saat persaingan mobil murah di Indonesia makin tinggi, langsung menarik perhatian konsumen, khususnya konsumen menengah ke bawah. Ayla adalah mobil keluarga berukuran mungil yang memiliki spesifikasi yang cukup menakjubkan untuk kelas mobil murah. Bahkan spesifikasi Ayla dapat dikatakan bersaing dengan mobil murah lainnya seperti Honda Brio dan Toyota Agya. Di Indonesia, Ayla memperoleh tanggapan yang luar biasa. Hal ini terlihat dari angka penjualannya pada tahun pertama mobil ini diperkenalkan di sini.
Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla

Gambar & Foto Daihatsu Ayla


Gambar Daihatsu Ayla
Gambar Daihatsu Ayla bagian Depan

Dahsboard Daihatsu Ayla
Dahsboard Daihatsu Ayla

Interior Daihatsu Ayla
Interior Daihatsu Ayla

Foto Daihatsu Ayla
Foto Daihatsu Ayla Bagian Belakang

Daihatsu Ayla GT
Daihatsu Ayla GT

Daihatsu Ayla menawarkan beberapa tipe yang bisa Anda pertimbangkan. Tipe-tipe yang ditawarkan adalah Ayla tipe D, tipe M, tipe X dan tipe Elegant. Harga untuk setiap tipe tentunya berbeda-beda, tergantung spesifikasinya masing-masing. Namun secara umum, harga yang ditawarkan berkisar antara 75 jutaan hingga 114 jutaan. Strategi Daihatsu yang menawarkan beragam pilihan tipe dan harga untuk Daihatsu seri Ayla ini membuat konsumen lebih mudah untuk menyesuaikan spesifikasi mobil yang mereka inginkan dengan budget yang mereka miliki. Namun sebenarnya, apa sih yang menjadi keunggulan mobil murah keluaran Daihatsu ini?

Kelebihan Mobil Daihatsu Ayla

Kelebihan pertama dari Daihatsu Ayla tentu saja adalah harganya yang murah. Daihatsu seri Ayla memang membidik segmen pasar menengah ke bawah yang membutuhkan mobil dengan spesifikasi bagus namun dengan harga di bawah 200 juta. Ayla memenuhi kriteria tersebut. Ayla merupakan mobil LCGC (Low Cost Green Car) artinya mobil ini diproduksi di dalam negeri. Dengan demikian produsen mampu menekan harga jualnya di pasaran. Ayla bahkan mendapat julukan mobil baru termurah dari para kompetitornya. Kelebihan inilah yang menjadi daya tarik utama Ayla dibandingkan mobil-mobil sejenis dari produsen lain.

Kelebihan lain dari Daihatsu Ayla adalah mobil tersebut irit bahan bakar. Untuk setiap satu liter BBM yang digunakan, mobil ini mampu membawa Anda berkendara sejauh lebih 20 kilometer. Ukuran mobil yang mungil juga meningkatkan kemampuannya mengirit bahan bakar. Namun jangan membayangkan bahwa Daihatsu seri Ayla yang mungil ini tidak mampu membawa penumpang dengan nyaman. Mobil mungil memang identik dengan penumpang yang berdesak-desakan di dalamnya. Namun, mobil berukuran 3.600 x 1.600 x 1.520 mm ini mampu memberi kenyamanan bagi 5 penumpang dewasa di dalamnya.
Selain penumpang, Daihatsu Ayla juga mampu memberi kenyamanan bagi barang-barang yang diletakkan di dalam bagasi. Ini karena kapasitas bagasi mobil mungil ini cukup luas, bahkan lebih luas daripada kapasitas bagasi Toyota Agya yang notabene ukurannya lebih besar. Dari segi spare part, Anda tidak perlu merisaukan hal tersebut jika karena suatu hal mobil Anda mengalami kerusakan pada suku cadangnya. Dealer Daihatsu ada dimana-mana di Indonesia sehingga spare part Ayla bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Kekurangan Daihatsu Ayla

Sebagai sebuah produk Daihatsu Ayla tentunya juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah performa mesin yang kurang maksimal. Kapasitas mesin Ayla adalah 998 cc, DOHC, 3 slinder, 12 katup. Itu berarti tenaga maskimum mobil ini hanya 65 ps. Angka ini hanya setengah dari tenaga mesin Honda Jazz. Akselerasinya pun terbilang lamban karena untuk mencapai kecepatan 100 km/jam diperlukan waktu sekitar 15 detik. Body Alya juga dianggap terlalu ringan sehingga kurang begitu stabil. Beberapa fitur penting juga dihilangkan untuk menekan harga. Versi Alya D bahkan tidak memiliki AC dan airbags.

No comments:

Post a Comment