Friday, August 8, 2014

Nissan GT-R LM Nismo

Spesifikasi dan Harga Nissan GT-R LM Nismo

Nissan GT-R LM Nismo adalah sejenis mobil balap keluaran Nissan yang sangat handal dengan tampilan bodi yang elegan. Tak hanya itu saja, mobil keluaran Nissan ini cukup tangguh di laga arena balap. Mobil Nisan GTR sendiri merupakan mobil sport keluaran dari Nissan yang diluncurkan atau diproduksi di Jepang di tahun 2007 lalu. Konsep pembuatan Nissan GTR ini sudah pernah ditampilkan sebelumnya pada beberapa acara motor show. Sementara itu, GT-R Nismo ini menampilkan mobil bergaya eksklusif dengan merangkul konsep mobil balap. Mobil ini dirancang dengan fitur canggih yang mengutamakan konsep kecepatan yang luar biasa untuk menyaingi mobil-mobil balap lainnya.


Nissan GT-R LM Nismo
Nissan GT-R LM Nismo announcement

Nissan GT-R LM Nismo in Le Mans
Nissan GT-R LM Nismo

Mobil balap Nissan GT-R LM Nismo ini merupakan mobil yang dirancang dengan sistem aerodinamika canggih dengan pengendalian super presisi yang mengusung supercar factory tuned. Nissan mengeluarkan mobil balap GT-R ini untuk memecahkan performa terbaik dalam dunia otomotif. Seperti kita ketahui, Nissan semakin hari semakin mengupgrade produk otomotifnya dengan fitur-fitur canggih dan bersaing dikelasnya. Keputusan Nissan memproduksi GT-R LM Nismo ini terinspirasi dari mobil-mobil sport atau motorsport sebelumnya. Bahkan tak tanggung-tanggung, mobil ini memiliki kecepatan yang sangat dahsyat dan cocok berada di laga balap dan siap menandingi pesaingnya di arena balap.

Nissan GT-R LM Nismo ini dilengkapi dengan mesin V6 VR38DETT dengan kapasitas 3,8 liter sebagai temuan dari pengalamannya yang pernah berpartisipasi di acara balap terkemuka yaitu 24-hour Nurburgring. Mobil GT-R Nismo ini dapat menghasilkan tenaga hingga 600 PS (441 Kw) dengan torsi 481 lb ft (652 Nm). Hal ini tak lain karena aplikasi turbocharger dengan tekanan tinggi dan kapasitas besar yang biasa digunakan pada mobil balap GT3 Nissan yang dapat mengoptimalkan waktu pengontrolan pengapian untuk tiap silinder dan juga untuk meningkatkan pembakaran melalui upgrade pompa bahan bakar.

Selain itu, Nissan GT-R LM Nismo dilengkapi dengan peredam kejut dengan 3 opsi penyetelan, yakni Normal, Comfort, dan R yang digunakan untuk aplikasi di sirkuit. Suspensi yang dipakai pada bagian depan dan belakang dengan Bilstein DampTronik yang digunakan untuk menciptakan respon pengendalian progresif dan tingkat grip. Untuk membantu menghasilkan grip dengan karakter pengendalian yang menakjubkan, ban eksklusif pada Nismo ini dikembangkan oleh Dunlop. Dengan tipe ban depan 255/40 ZRF20, dan tipe ban belakang 285/35 ZRF20. Nissan GT-R Nismo juga mempunyai anti-roll bar kopong bagian belakang dengan ketebalan sebesar 17,3 mm, yang dapat menambah kekakuan sekaligus mengurangi body untuk mengoptimalkan kestabilan ketika menikung maupun merubah arah.

Sementara itu, untuk meningkatkan kekakuan yang berasal dari area sambungan as roda Nissan GT-R Nismo dilengkapi dengan baut yang kokoh dan besar. Penambahan teknik las yang profesional dapat meningkatkan kekokohan bodi mobil sebagai perekat, terutama ketika mendapatkan beban yang ekstra pada mobil. Tak hanya desain mesin atau interior saja yang menakjubkan dari Nissan GT-R LM Nismo ini, tetapi juga desain eksterior yang tak kalah menarik. Seperti teknik simulasi yang digunakan adalah teknik Computational Fluid Dynamic yang berperan untuk menganalisa aliran udara pada mobil. Untuk meningkatkan pengendalian, Nismo juga dilengkapi dengan paket aerodynamic yang juga berperan untuk meminimalkan efek negatif pada drag serta menampilkan kesan gagah dan eksklusif.

Nissan GT-R LM Nismo dashboard
Nissan GT-R LM Nismo dashboard

Harga Nissan GT-R LM Nismo

Untuk meningkatkan downforce dan menurunkan pusat gravitasi, Nissan GT-R ini dilengkapi dengan kombinasi kap mesin, bumper depan dan spoiler karbon bagian belakang. Untuk harga sendiri, Nissan GT-R LM Nismo ini sangat mahal sesuai dengan spek dan kegunaannya di arena balap harganya masih diperkirakan sekitar kurang lebih Rp. 1 Milyaran.

No comments:

Post a Comment