Friday, August 8, 2014

Nissan Evalia

Nissan Evalia: Review, Spesifikasi, dan Harga

Nissan Evalia sudah diluncurkan sekitar kurang lebih dua tahun yang lalu oleh perusahaan Nissan dengan kelengkapan fitur yang menawan. Evalia ini merupakan sejenis mobil low MPV yang telah bersaing dengan mobil-mobil seperti Avanza dan Xenia. Evalia disediakan dalam 2 pilihan, seperti transmisi manual dan transmissi automatic, dengan 4 jenis atau varian, antara lain tipe SV automatic, SV manual, XV automatic dan XV manual. Mobil ini sangat cocok sekali untuk keluarga, dengan bodi yang lumayan besar dan cukup tangguh dengan sliding door manual pada bagian sisi kiri dan kanan.

Nissan Evalia
Gambar Nissan Evalia - green.

Nissan Evalia memiliki kelengkapan fitur, seperti body colors handle, back door finishes, 4 speaker dan sebagainya. Adapun panjang kendaraan Nissan ini sebesar 4.400 mm dengan lebar 1.695 mm. Dari 4 jenis atau varian Evalia, yang paling unggul adalah Evalia tipe XV automatic karena memiliki fitur-fitur unggulan seperti, airbag, kamera parking, rem menggunakan teknologi ABS, BA, EBD. Sementara itu, varian SV tidak memiliki fitur airbag maupun kamera parking dengan hanya menggunakan sistem pengereman standar.

Untuk memaksimalkan penggunaan dari bahan bakar yang menjadi tenaga putar, Nissan Evalia menyediakan tenaga penggerak mesin tipe HR15DE 1500cc, dengan 4 silinder yang memiliki teknologi 16 valve CVC dan DOHC. Sedangkan untuk desain eksteriornya, Evalia memiliki kabin yang cukup luas seperti halnya mobil Suzuki APV. Bahkan, jika kita melihat tampilan Evalia dari belakang, maka akan sulit membedakan antara Suzuki APV, Gran Max, dengan Evalia sendiri. Karena tinggi dan lebar ketiga jenis mobil tersebut hampir sama, perbedaannya akan tampak ketika kita melihatnya dari samping. Hal ini dikarenakan gagang pintu Evalia sangat berbeda dari mobil MPV lainnya, yaitu dengan menggunakan pintu samping yang digeser, dilengkapi pula dengan ventilasi geser dalam kabin penumpang.

Konsumsi bahan bakar Evalia ini cukup irit, karena untuk mengendarai mobil di lalu lintas luar kota hanya memerlukan 13,8 km/liter, sedangkan 10 km/liter untuk mengemudi di dalam kota. Jika Anda tertarik dengan Nissan Evalia ini, Anda bisa memilih berbagai pilihan warna elegan seperti, silver metallic, dar red metallic, blue green, black solid, grey metallic, dan white solid. Daya maksimum dari Evalia sebesar 109 PS pada 6000 rpm, dengan torsi sebesar 15,1 kgm pada 4400 rpm. Sistem bahan bakar yang digunakan adalah ECCS, dengan pilihan jenis bahan bakar seperti bensin, premium, dan pertamax. Untuk sistem pengereman, Evalia menyediakan sistem rem standar, ABS (untuk varian SV), EBD, dan BA (untuk varian XV).

Banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh Evalia ini, seperti memiliki panel yang terintegrasi pada stir mobil untuk koneksi telepon, memiliki kamera parkir yang tidak dimiliki oleh mobil jenis MPV lainnya, Kabin Nissan Evalia dibilang cukup luas dapat diisi oleh 9 orang sekaligus ketika tempat duduk belakang diatur menyamping, dan juga harganya relatif lebih murah dan bersaing. Disamping keunggulan, Evalia juga memiliki kekurangan, seperti kekurangstabilan ketika digunakan menikung atau menampung banyak penumpang, terjadi understear overstear ketika menikung dengan kecepatan yang tinggi, kaca pada bagian samping penumpang diset mati jadi akan menyulitkan penumpang, posisi jendela sampingnya yang dibilang terlalu tinggi, menimbulkan getaran dan ketidaknyamanan pengemudi saat dibawa ke jalan yang rusak.

Selain itu, kelemahan lainnya dari Evalia ini juga bisa menimbulkan kebisingan suara mesin dan getaran yang dapat membuat tidak nyaman pada penumpang. Mobil keluaran Nissan ini cukup handal jika digunakan di kota yang padat penduduk, akan tetapi lemah jika dibawa ke jalan yang bebas hambatan, terutama pada kecepatan 120 km/jam. Akan tetapi, disamping kelemahan itu Evalia cukup kompetitif di jajaran mobil sekelasnya.

Gambar Nissan Evalia


Gambar Dashboard Nissan Evalia
Gambar Dashboard Nissan Evalia

Interior Nissan Evalia
Nissan Evalia interior.

Foto Nissan Evalia - bagian belakang
Foto Nissan Evalia - bagian belakang.

Harga Mobil Nissan Evalia

Harga Nissan Evalia ini cukup bervariasi sekitar Rp 160-188 jutaan untuk 4 varian Evalia.

No comments:

Post a Comment